3 macam Oli yang ada pada Mobil, Kapan waktunya mengganti?

- Carimobil.id

Mobil sebenarnya memiliki 3 komponen penting yang mesti mempunyai pelumas yakni: mesin, gardan dan transmisi... maka pada telah seharusnya pemilik mobil senantiasa memeriksa kondisi oli-oli yang ada pada mesin, garda dan juga sistem transmisi mobil.

Nah nanti jangan salah bro saat ingin mengganti oli di bengkel biasanya ditanya ganti oli apa? ya bisa oli mesin, atau oli transmisi atau oli gardan...tergantung kebutuhan.

Kapan dan berapa lama oli-oli tersebut mampu bertahan atau harus diganti? berikut penjelasannya !!

Oli Mesin

Oli mesin ialah pelumas yang dipakai untuk melumasi bagian mesin mobil. fungsi utamanya yaitu: mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, membersihkan serpihan logam akibat gesekan antar komponen mesin, mendinginkan suhu mesin.

Berapa lama oli mesin harus diganti? ini tergantung bagaimana mobil digunakan, apabila sering digunakan di jalanan macet atau jalan ekstrim seperti tanjakan maka pada jarak 5000 km oli mesin ini mesti diganti. akan tetapi apabila mobil digunakan ringan-ringan di jalan yang relatif halus dan datar serta tidak membawa beban terlalu banyak maka oli mesin ini sebenarnya bisa bertahan hingga 10 ribu km.

Tiap mobil mempunyai spesifikasi oli tertentu dengan stadium kekentalan tertentu, jadi pastikan sebelum mengganti oli lihat dulu permintaan mesin memakai oli dengan spec seperti apa? lihat buku manual mobil.

harga oli mesin ini seliternya berkisar antara 30 ribu hingga 50 ribu, tergantung merk. kalau admin mobilku.org menggunakan Prima xp seliternya 33 ribu sudah enak :-)

Oli Transmisi

Oli transmisi adalah pelumas yang ada pada sistem transmisi. Oli transmisi ini ada pada mobil manual ataupun mobil matic, fungsi oli transmisi yaitu mempermudah pergantian gigi mobil dan merawat komponen transmisi supaya tidak mudah aus.

walau sama-sama menggunakan oli akan tetapi antara mobil matic dan mobil manual olinya berbeda. jadi pastikan oli transmisi ini cocok, lebih aman mengganti oli memang di bengkel resminya ya,,, gak salah :-). baca: mengganti oli transmisi mobil matic

Lantas berapa lama oli transmisi ini mampu bertahan? atau kapan mesti menggantinya?

Sama dengan oli mesin, oli transmisi ini juga melihat bagaimana mobil dipakai. untuk mobil yang sering digunakan di jalanan tidak macet maka oli transmisi manual ini bisa bertahan hingga 10 ribu km, jika di jalan macet ya seharusnya diganti lebih sering saja

untuk oli transmisi mobil matic dapat bertahan hingga 20 ribu km.

harga oli transmisi ini tidak mahal kok, untuk oli transmisi manual berkisar antara 50 ribu hingga 80 ribu, padahal oli transmisi matic kira-kira 2 kali oli transmisi manual yakni sekitar 100 ribu hingga 200 ribuan.

Oli gardan

Oli gardan letaknya di bagian bawah mobil atau di bagian gardan, penggantian oli gardan ini waktunya biasanya berbarengan dengan penggantian oli transmisi yakni sekitar 10-20 ribu km atau 2-3 kali penggantian oli mesin.

harga oli gardan ini sekitar 50 ribu hingga 100 ribu tergantung merk. yang mesti diperhatikan yaitu kekentalan oli gardan, sesuaikan dengan anjuran pabrikan memakai SAE berapa..

untuk mengganti pertama kali sebaiknya pecinta otomotif mengganti di bengkel resmi saja sekaligus menanyakan pada pihak bengkel oli standartnya untuk mobil tersebut apa kalau( masih belum tahu), akan tetapi bila telah tahu maka mengganti oli ini tidak mesti di bengkel resmi mobil,,, hanya waspada aja dengan oli palsu (carilah tempat ganti oli yang mempunyai reputasi baik).

Sumber : mobilku.org


Daftar Kota Sales
PEKALONGAN NGAWI BIAK NUMFOR AGAM BANDA ACEH MEMPAWAH DONGGALA BIMA CIAMIS BOALEMO TANA TORAJA ASAHAN DAIRI BERAU MUKOMUKO PINRANG SERAM BAGIAN TIMUR KATINGAN SOLOK SELATAN PADANG PARIAMAN BANGGAI LAUT TANJUNG JABUNG TIMUR SUMENEP ROKAN HULU TULANG BAWANG MOROWALI UTARA YAHUKIMO NGANJUK ACEH TAMIANG MUNA
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN