4 cara mudah cek keadaan AC Mobil masih Baik atau Tidak

- Carimobil.id

AC mobil yang difungsikan dengan intensitas tinggi seperti di negara tropis, potensi mengalami kerusakan juga ikut meninggi. Itulah mengapa, disarankan rajin memeriksa kondisinya, paling tidak setahun sekali.

Tapi sebelum ke bengkel, kita bisa cek sendiri keadaan AC mobil, apakah masih prima atau sudah mesti "opname". Dan ini sebenarnya cukup mudah.

Berikut empat cara mengecek keadaan AC mobil dengan mudah:

1. Cek Kebocoran Di Selang AC

Kebocoran sistem AC ini terkadang tidak terasa hingga pelumasnya habis dan membuat kompresor macet.

apabila ini terjadi, cukup cek sambungan-sambungan selang AC dan cek apa ada noda oli. jika sambungan masih baik maka akan bersih dari noda semacam itu.

2. Cek Kipas utama Dan Kipas Ekstra

mengecek kipas utama dan kipas ekstra mesin, jika semuanya menyala berarti AC masih baik-baik saja. jika mati maka segera perbaiki karena AC mempunyai komponen seperti radiator yang perlu didinginkan.

jika ini terjadi, cukup cek sambungan-sambungan selang AC dan cek apa ada noda oli. jikalau sambungan masih baik maka akan bersih dari noda semacam itu.

untuk mobil dengan kipas yang tersambung ke puli, cukup pastikan masih berfungsi baik. jika telah diganti tipe visko, lebih baik cek kekentalan oli di dalam kipas masih baik atau tidak.

3. Cek Ketersediaan Freon AC

untuk mengecek ketersediaan freon cukup dengan periksa lubang kaca kecil di dalam kompresor AC. jikalau bening artinya masih penuh sedang kalau muncul busa putih berarti sistem kekurangan freon.

Dan jikalau freon benar-benar habis maka kaca pemantau juga terlihat bening. biasanya saat freon habis, kompresor tidak akan menyala dan embusan AC tidak dingin.

4. Teliti Embusan AC

cara mengeceknya cukup nyalakan AC di posisi paling kencang. kemudian rasakan hawa keluar tanpa terhambat atau tidak. apabila iya, berarti ada sumbatan di filter atau evaporator.

Sumber : Otomania.com


Daftar Kota Sales
BANDA ACEH LAMPUNG TIMUR TANJUNG BALAI BENER MERIAH BLORA MUSI BANYUASIN TIMOR TENGAH SELATAN LAMPUNG SELATAN LAHAT LIMA PULUH KOTA SUMBA BARAT Singaraja NGANJUK JAYAWIJAYA PIDIE SAMPANG MAJALENGKA PAGAR ALAM JAMBI KARIMUN LOMBOK TENGAH INDRAGIRI HILIR SUMBA TIMUR BATAM TANA TORAJA PULANG PISAU ACEH SINGKIL PULAU MOROTAI KEPULAUAN ANAMBAS BENGKULU TENGAH
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN