Apa Akibat Menyiram Cakram Panas Pakai Air

- Carimobil.id

Masih ingat pengalaman motor skutik yang mengalami masalah pengereman di jalan menurun beberapa waktu lalu? akibat pemakaian rem yang berlebihan di jalan menurun rem jadi tidak berfungsi maksimal sampai membuat skutik tidak terkendali.

Dari sekian banyak netizen yang mengomentari peristiwa tersebut tidak sedikit yang menyarankan kalau merasa rem berkurang fungsinya segera berhenti dan menyiramkan cakram dan rem dengan air. Logikanya, cakram yang panas membuat rem tidak berfungsi sehingga mesti didinginkan dengan air.

Memang benar itu dapat menjadi solusi. Tapi baiknya perhatikan kondisi cakram dan perangkat rem terlebih dulu, tutur Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) saatdihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Cakram atau komponen pengereman dalam kondisi sangat panas bila disiram air malah mampu merusak. Disarankan untuk tunggu atau diamkan beberapa waktu supaya suhu menurun, setelah itu tidakmasalah jikalau ingin mempercepat pendinginan dengan disiram air.

Air yang dimanfaatkan juga mesti dijamin bebas dari kotoran. jika air mengandung pasir atau kotoran dikhawatirkan dapat menempel di tekstur cakram dan mengganggu kinerjanya.

Solusi menyiram air ke komponen pengereman ini terinspirasi dari supir truk yang melintasi turunan dengan membawa beban berat. Sebelum lewat jalan turunan atau tanjakan biasanya mereka mengecekrem dengan merasakan panas lalu disiram air biar dingin.

Sebagai pengguna skutik, baiknya bila sudah merasa terlalu banyak turunan atau tahu di depan ada banyak turunan, tidak buru-buru memacu motornya. berhenti terlebih dulu untuk melakukanpengecekan. Jauh sebelum perjalanan, pastikan rem dalam keadaan prima dengan melakukan perawatan,” papar Endro seperti dikutip di Otomania.


Daftar Kota Sales
BENGKULU UTARA MAMUJU TENGAH MUNA POLEWALI MANDAR Minahasa Utara Minahasa Tenggara BURU SELATAN PADANG PARIAMAN HALMAHERA SELATAN GRESIK PADANG LAWAS UTARA PAKPAK BHARAT KEPULAUAN SELAYAR POHUWATO TELUK WONDAMA PULAU MOROTAI DONGGALA TIMOR TENGAH SELATAN GAYO LUES MALUKU BARAT DAYA DUMAI DOGIYAI PANIAI BOLAANG MONGONDOW UTARA GUNUNG MAS PASAMAN BREBES SEKADAU BELU MALUKU TENGGARA
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN