Salah Gunakan Oli Pada Mesin, Ketahui Dampaknya

- Carimobil.id

JAKARTA  –  Setiap jenis kendaraan diciptakan dengan karakter dan kebutuhan masing-masing, sehingga performa mesin sangat berpengaruh. untuk dapat memaksimalkan kinerja mesin, pelumasan pada mesin pun mesti tepat.

pemakaian oli yang tidak sesuai pada mesin kendaraan bisa menimbulkan efek-efek negatif yang bersifat destruktif. karenanya, produsen oli selalu menyediakan bermacam-macam jenis oli untuk memenuhi kebutuhan mesin.

Diumpamakan oleh Galih Laksono sebagai pemilik bengkel G-Speed Radio Dalam, Jakarta, jika mesin memakai oli tidak sesuai, akan mengalami gejala seperti engsel pintu yang berbunyi lantaran tidak dilumasi.

Jadi kalau kita pegang engselnya jadi dingin, sementara kalau seret engselnya jadi panas, sama seperti mobil juga begitu, kata Galih saat ditemui Dapurpacu.com, hari Selasa (9/5).

“Sama seperti efek salah oli, awalnya nanti mesin ngelitik, sudah begitu dia overheat, begitu overheat mesin mogok. begitu mogok nanti dicek ada banyak penyembuhan dan penyakitnya apa, kalau macet itu biasanya overheat dan overheat mengakibatkan yang istilahnya metal duduk atau metal jalan.”

metal duduk atau metal jalan merupakan gejala saat mesin tidak mendapatkan pasokan oli dengan baik akibat kerusakan pompa oli, sehingga tidak melumasi semua komponen mesin yang berputar.

jika mesin kekurangan oli, maka akan terjadi gesekan tidak sempurna pada piston dan metal yang memicu kerusakan. kerusakan metal mesin juga mengakibatkan air masuk ke ruang mesin dan bercampur dengan oli.

kalau raung mesin sudah bercampur oli dan air, maka mesin dapat mengalami stress yang mengakibatkan mogok, hingga mengharuskan turun mesin apabila sudah terlalu parah. karena itu sangat penting bagi kendaraan memakai oli mesin yang sesuai dengan ketentuan dan rekomendasi pabrikan. [dp/Whr]

Sumber : dapurpacu.com


Daftar Kota Sales
BANDUNG BARAT ASMAT Singaraja TEGAL HUMBANG HASUNDUTAN ALOR MAPPI PIDIE BANGKA SELATAN METRO SOLOK BOJONEGORO BUNGO GORONTALO NGAWI BONE KAIMANA OGAN KOMERING ULU SELATAN INDRAGIRI HULU MALUKU TENGGARA PARIGI MOUTONG TUBAN GAYO LUES TANAH LAUT PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR SIKKA BANTAENG LOMBOK BUKITTINGGI TARAKAN
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN