Technologi Immobilizier Yang Buat Maling Mobil Hanya Manyun

- Carimobil.id

JAKARTA - Technologi kunci immobilizer disebut-sebut membuat mobil nggak bakal dimaling. Mencuri mobil nggak semudah mencuri mobil seperti di film.

Potong kabel, sambungkan dan seketika mesin menyala hampir mustahil terjadi. Hal itu lantaran sebagian besar mobil saat ini sudah mempunyai immobilizer.

"Aturan di negara lain, khususnya Eropa mewajibkan setiap mobil dilengkapi system immobilizer key."

"Ppasalnya pihak asuransi tidak ingin dirugikan atas kehilangan akibat mobil yang tidak dilengkapi kunci immobilizer," buka Raymond Lie, Pemilik Komandan Key, bursa Otomotif Sunter, Jakarta Utara, (2/5/2018).

Sejak 1998, sejumlah negara maju sudah mewajibkan pemakaian immobilizer untuk setiap mobil yang dijual di negara itu seperti Jerman, Inggris dan Finlandia.

Sementara itu Australia baru menyusul di 2001 serta Kanada di 2007. Seperti apa sih tehnologi kunci mobil immobilizer itu?

Prinsip dari immobilizer sederhana saja.

Di dalam tiap anak kunci, pabrikan mobil membenamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode.

Lantas di dalam mobil juga terdapat antena penerima sinyal yang mencocokkan kode dari kunci dengan yang ada di mobil. Kalau kodenya cocok maka mobil akan menyala dengan mudah.

Namun, jika kodenya berbeda, maka ECU tidak akan mengucurkan bahan bakar ke dalam mesin yang artinya mesin tidak bisa distart sama sekali.

kalau kita memasukkan kunci duplikat biasa yang tidak terprogram dengan ECU, maka indikator immobilizer pada speedometer dapat menyala dan mobil tidak bisa dihidupkan," jelas Raymond.

Jadi mobil dengan tehnologi kunci immobilizer nggak akan bisa dibawa kabur sama maling.

Sumber : TribunNews.com

 


Daftar Kota Sales
JAKARTA UTARA KARIMUN MALINAU Minahasa Utara SITUBONDO NIAS BARAT PEKANBARU BENGKULU SELATAN BLORA BANGKA SELATAN Kota Tidak Ditemukan BANGKA BARAT MALUKU TENGAH KUTAI KARTANEGARA BANTUL SIKKA LEMBATA TULANG BAWANG PINRANG MUARA ENIM TAPANULI TENGAH BANGKA TENGAH CIBUBUR MANADO LABUHANBATU UTARA JEMBER DELI SERDANG PURWOREJO BANJAR MUNA
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN