Lakukan Hal Ini Untuk Antisipasi Capek Saat Nyetir

- Carimobil.id

Jakarta - Perjalanan mudik Lebaran jelas beda kondisinya dibanding saat berkendara di dalam kota. Perjalanannya bisa makan waktu 6-7 jam atau bahkan lebih karena jaraknya yang jauh.

Apesnya lagi, mudik makin bikin capek karena tiba-tiba terjebak kemacetan. Entah saat berangkat di dalam kota, atau di tol, pintu keluar tol, rest area, atau lainnya.

agar tidak terlalu capek (fatigue) dan stres berat, pengaturan waktu pun dibutuhkan, seperti dijelaskan oleh pegiat keselamatan berkendara Robby Prakoso.

kondisi pengemudi kalau dua kali lebih capek daripada biasanya, kita maintain supaya tidak terjadi fatigue," kata dia.

Tiap empat jam, kata beliau, pengemudi break dulu selama 20 menit. waktu empat jam untuk mengemudi dirasa sudah cukup untuk memenuhi waktu perjalanan ataupun maksimal dalam hal fisik pengemudi.

dengan rumus dasar itu, pembagian waktu pun masih bisa disesuaikan. perhitungan yang sama bisa diperkecil dengan pembagian yang sama sehingga pada intinya pemanfaatan waktu berlaku secara ideal dan kita tidak kelamaan di jalan.

"Lebih ideal lagi, tiap empat jam kan 20 menit. Kalaupun 2 jam sudah fatigue, boleh istirahat 10 menit. jadi total waktu yang dibutuhkan tetap sama," kata dia.

Sumber : Liputan6.com


Daftar Kota Sales
INTAN JAYA PALANGKARAYA GRESIK PADANGSIDEMPUAN SIBOLGA PONOROGO SIDENRENG RAPPANG TAMBRAUW NGADA EMPAT LAWANG AGAM CILEGON TANAH DATAR ACEH BESAR SUKABUMI SINGKAWANG BARITO UTARA TELUK WONDAMA LUWU UTARA BATU BARA TOJO UNA UNA TARAKAN NABIRE PAKPAK BHARAT KONAWE SELATAN PURWAKARTA PANGKAJENE DAN KEPULAUAN BANDUNG BARAT FLORES TIMUR MURUNG RAYA
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN