Parkir Mobil diLuar Ruangan Bisa Perpendek Usia Mesin, Benarkah ?

- Carimobil.id

Jakarta - Walau sudah ada imbauan dari pihak terkait, masih saja banyak pemilik kendaraan roda empat tidak memarkirkan tunggangannya di garasi. padahal, parkir di garasi memiliki banyak manfaat. selain dari tidak mempersempit ruas jalanan dan menjaga cat mobil supaya tetap kinclong, mesin pun akan cenderung bertahan lebih lama.

melansir Drivespark, ada beberapa alasan mengapa orang masih asik untuk parkir di tepi jalanan dibanding garasi. mulai dari tidak tersedianya garasi di rumah hingga malas mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa garasi atau parkir di basement. hasilnya, mobil mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Paling tidak, parkir di garasi mencegah pencurian atau masalah vandalisme pada mobil kita. Unsur-unsur alam yang tidak diharapkan pun dapat dihindari misalkan hujan lebat dan berangin, lumpur, panas yang ekstrem (radiasi Ultra violet) dan lain sebagainya yang bisa merusak eksterior mobil. biasanya, mobil yang diparkir di tepi jalanan akan terkena masalah pembentukan kotoran atau asam pada cat kendaraannya.

komponen karet di mobil seperti pipa, selang, sampai wiper bisa cepat menua dari semestinya bila mobil tidak diparkir di garasi. Namun di atas itu semua, ternyata memarkirkan mobil di ruang terbuka bisa memperpendek usia mesin mobil itu sendiri.

ketika mobil diparkir di dalam garasi, suhu di bawah kap mesin akan tetap stabil dan tidak berfluktuasi dengan kenaikan atau penurunan suhu di luar rumah. Ini menjaga oli mesin tetap pada viskositas optimalnya untuk engine start-up menyalakan( mesin untuk pertama kali). sehingga, mesin mobil tetap berjalan dengan lancar dan dalam jangka panjangnya akan memperpanjang usia mesin mobil.

kinerja AC atau pendingin ruangan di mobil pun bisa bekerja secara maksimal ketika mobil diparkir di garasi dibanding di luar. Soalnya, saat mobil diparkir di luar suhu akan menjadi terlalu panas. Dalam hal ini, ketika AC dinyalakan, dia akan bekerja ekstra keras untuk mendinginkan interior.

Terakhir, parkir di luar garasi akan merusak bagian interior. Dasbor dan lapisan kulit interior pada akhirnya akan memudar lebih cepat. Dalam beberapa kasus ekstrem, system hiburan juga akan rusak karena membran pada speaker retak hingga hancur. Ada juga kemungkinan untuk beberapa bagian penting yang tidak tahan panas bisa terkelupas.

Nah jadi sebisa mungkin jangan parkir di tepi jalan ya, Otolovers!

Sumber : oto.detik.com


Daftar Kota Sales
LAMPUNG BARAT HULU SUNGAI NGANJUK BANDAR LAMPUNG MERANGIN PELALAWAN SOLOK SELATAN KATINGAN PAGAR ALAM PADANG PANJANG TAPIN LUWU MANOKWARI PROBOLINGGO KENDARI TANJUNG BALAI TUBAN GRESIK MAPPI HALMAHERA BARAT MAROS KEPULAUAN SANGIHE CILEGON PONTIANAK SINGKAWANG ACEH JAYA TOJO UNA UNA PAMEKASAN BELITUNG KERINCI
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN