Ganti Ban Tunggu botak? Begini Semestinya Otolovers

- Carimobil.id

Jakarta – Ban merupakan salah satu komponen yang memiliki masa pakai, soalnya bila digunakan dengan cara terus-menerus tentu dapat membuat keausan pada ban. ternyata untuk mengetahui kondisi ban memasuki masa pensiun bisa melihat tanda Tread Wear Indicator (TWI).

pada ban sebenarnya ada alat indikasinya namanya TWI, dilihat dari sisi ban, itu sebenarnya menunjukkan posisi di mana indikator ketebalan ban berada, papar Rudy Novianto, selaku instruktur Defensive Driving Sentul Driving Course, Kamis (30/08/2018).

bisa dilihat berupa tulisan TWI, gambar segitiga, atau tonjolan karet seperti polisi tidur yg ada di alur ban," ucap Rudy. jika ban telah aus, indikasinya adalah permukaan ban sudah rata dengan permukaan TWI.

untuk diketahui apabila alur pada permukaan ban sudah habis akan menyebabkan bahaya apabila melewati genangan air. kemungkinan besarnya akan mengalami hydroplaning, yakni kondisi ketika ban akan mengambang pada permukaan karena daya cengkeram yang kecil. hal itulah yang menyebabkan selip hingga menimbulkan kecelakaan.

kalau dari ban baru katakanlah 8 hingga 10 mm tebal daging normal, nanti semakin lama akan terbaca ban semakin lama akan tipis, nah ketika permukaan ban yang menyentuh dengan aspal hampir menyentuh permukaan TWI kira-kira 2 mm, sebenarnya indikasi siap-siap untuk mengganti ban," papar Rudy.

karena bila TWI sudah habis artinya udah mulai rata dengan permukaan aspal tentu grip sudah sangat berkurang dan tidak safe lagi, kata Rudy.

Daya cengkeram ban menurun terhadap jalan tentu akan membuat kendaraan semakin sulit dikendalikan dan dapat membahayakan orang lain.

secara visual kelihatan kembangannya masih ada, masih banyak tapi kebanyakan mayoritas Indonesia belum aware bahwa ini sudah saatnya diganti, jangan sampai nunggu keluar kawatnya," pungkas Rudy.

Oleh karena itu, untuk menghindari risiko kecelakaan lantaran kemungkinan ban aus berlebihan, sebaiknya Otolovers mulai mengecek dengan melihat indikator pada TWI. (rgr/ddn)

Sumber : oto.detik.com


Daftar Kota Sales
PANGKALPINANG LHOKSEUMAWE PEGUNUNGAN ARFAK SOLOK SELATAN PARIAMAN PUNCAK JAYA KARANGASEM HULU SUNGAI UTARA BANGGAI LAUT NIAS METRO BELITUNG KOTAWARINGIN BARAT KEBUMEN ACEH TENGAH TAKALAR LABUHANBATU PULANG PISAU TARAKAN BARRU BANDUNG BARAT JAMBI BADUNG MAMUJU UTARA BENGKULU SELATAN KOLAKA TIMUR SEKADAU YOGYAKARTA SIGI SERAM BAGIAN TIMUR
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN