Waktu Yang Tepat Untuk Menyalakan Lampu Jarak Jauh

- Carimobil.id

Setiap kendaraan baik motor dan mobil wajib di lengkapi fitur lampu jauh atau high beam. walau sama-sama berfungsi sebagai penerangan, namun bukan berarti dapat dilakukan sesuka hati.

masih banyak pengguna kendaraan yang sengaja menyalakan lampu jauh atau flashing waktu berkendara malam hari tanpa ada alasan tepat. Efeknya, tentu menggangu pengendara lain, baik yang ada di depan apalagi yang lawan arah. bahkan tanpa disadari menyalakan lampu jauh di waktu yang tidak tepat bisa menyebabkan fatalitas.

Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu, menjelaskan, pemakaian lampu jauh memang cukup penting, tapi tetap harus paham kapan saat menggunakannya.

memakai high beam ada aturan mainnya, walau tidak disebutkan dengan cara eksplisit kapan mesti menggunakan tapi ini lebih ke etika. sampai saat ini tidak sedikit orang yang memang tidakmengindahkan perihal ini, padahal efek yang ditimbulkan cukup berbahaya," tutur Jusri kepada KompasOtomotif, Selasa (18/7/2017).

menurut Jusri, secara etika pemakaian high beam hanya bisa dilakukan dalam kondisi tertentu. misalnya waktu visibilitas menurun saat sedang berkendara di jalan lurus yang panjang, faktor ini bisadilakukan dengan tidak ada kendaraan di depan atau lawan arah, serta tidak dilakukan secara terus menerus.

selain itu, pemakaian lampu jauh dapat dilakukan untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain yang sifatnya tidak tampak. Baik karena jarak pandang terbatas atau memberikan peringatan terhadapkendaraan lain.

"Flasing atau pemakaian lampu jauh juga merupakan bentuk komunikasi dari kendaraan. Kita bisa gunakan dalam keadaan yang darurat, contoh saat belokan tajam dan banyak titik blind spot, itu dapatdimanfaatkan untuk memberikan sinyal kepada kendaraan dari lawan arah, tapi itu pun sifatnya sekejap bukan terus-menerus," papar Jusri.

Lebih lanjut Jusri menerangkan bahwa pada dasarnya seluruh bentuk sarana komunikasi yang keluar dari kendaraan tidak dapat sampai mengganggu pengguna jalan lain. hal ini termasuk juga soal suaraknalpot dan klakson, karena itu ada namanya polosi suara, lampu juga mampu menciptakan polusi sinar ketika orang menerima cahaya yang berlebih. (*)



Berita selanjutnya
Fungsi Tuas Ini di Kaca Spion

Daftar Kota Sales
KEPULAUAN SULA KULON PROGO LHOKSEUMAWE MINAHASA SIMALUNGUN HUMBANG HASUNDUTAN HALMAHERA SELATAN BITUNG JEPARA SUMEDANG PASAMAN BARAT TALIABU REMBANG SERDANG BEDAGAI CIAMIS MUARO JAMBI LANNY JAYA JAKARTA DEIYAI ACEH BESAR GUNUNG MAS KOTAWARINGIN TIMUR TANJUNG JABUNG BARAT PEGUNUNGAN BINTANG PARIGI MOUTONG BATU BENGKULU BARRU MELAWI SINTANG
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN