Bahaya Bila Matikan Mesin Tiba-tiba, Bisa Bikin Rusak

- Carimobil.id

Jakarta - Otolovers pernah tidak terburu-buru sehingga langsung mematikan mesin mobil secara tiba-tiba? Sebaiknya hal itu tidak sering-sering dilakukan sebab bisa merusak mesin. apabila Otolovers mau mematikan mesin mobil pastikan semua perangkat yang ada di dalam mobil seperti audio dan AC sudah mati juga.

Rusaknya mesin itu diakibatkan karena mesin yang masih bergerak tanpa diikuti oleh pelumasan. hal tersebut memungkinkan komponen mesin bergesekan secara kasar. saat mobil dimatikan tiba-tiba padahal semua perangkat belum dimatikan membuat penurunan tekanan pelumas secara drastis tanpa disertai oleh pergerakan mesin.

Otolovers juga mesti menghindari kebiasaan menggeber mesin mobil sebelum mematikannya. Berikut cara mematikan mobil yang benar supaya mesin tetap awet seperti detikOto kutip dari situs resmi Nissan Indonesia, Jumat (9/3/2018).

  1. Saat ingin berhenti, sebaiknya anda mulai mengurangi kecepatan mobil. dengan demikian, mesin mobil dapat menyesuaikan pergerakannya. kemudian, saat mobil sudah terparkir dengan benar, berikanlah sedikit jeda sebelum anda mematikan mesin.
  2. Saat memberikan jeda, anda perlu mengecek berbagai komponen dalam mobil. Soalnya, beberapa komponen akan tetap aktif menyala walau mesin mobil sudah mati. hal ini pula yang mampu menyebabkan aki mobil anda mati.
  3. Hal yang perlu anda perhatikan sebelum mematikan mesin mobil tidak lain adalah mematikan AC terlebih dahulu. Ya, beberapa pengendara justru kerap terlebih dahulu mematikan mesin yang dilanjutkan dengan AC, beberapa di antaranya justru terbiasa tidak mematikan AC. hal ini tentu bisa memengaruhi kompresor AC, sebab mesin mobil yang mati secara tiba-tiba bisa menimbulkan hentakan pada kompresor AC. Nah, bila anda tidak mau mesin atau AC mobil anda rusak, anda mesti membiasakan untuk mematikan AC mobil terlebih dahulu.
  4. Selain AC, hal lain yang perlu anda matikan terlebih dulu yakni audio mobil. tidak bisa dimungkiri beberapa orang kerap lupa untuk mematikan audio mobilnya, padahal hal ini bisa merusak audio dan juga mesin. Bayangkan saja, ketika anda lupa mematikan audio, audio akan segera menyala kembali saat anda menghidupkan mobil. Audio yang hidup dengan dukungan aki tentu akan kaget karena tekanan aki saat mobil baru menyala tidaklah stabil.

Sumber : oto.detik.com


Daftar Kota Sales
BANJARMASIN MUSI RAWAS OGAN ILIR MAHAKAM ULU WAROPEN CIBUBUR SANGGAU ALOR PIDIE JAYA SOLOK PURWOKERTO LAMPUNG TIMUR KEPULAUAN MERANTI SIDENRENG RAPPANG DEMAK BURU SELATAN MALUKU BARAT DAYA PULANG PISAU NDUGA BONE TIDORE KEPULAUAN GOWA BOVEN DIGOEL TAPIN PURBALINGGA KEPULAUAN SERIBU OGAN KOMERING ULU KOTAWARINGIN TIMUR TARAKAN BELU
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN