JAKARTA - Engine mounting adalah komponen untuk memegang mesin yang memiliki getaran tinggi.
dengan kata lain, engine mounting berperan untuk meredam getaran supaya tidak menelusup ke kabin.
“Engine mounting sebagai pemegang mesin yang memiliki getaran tinggi, jika diibaratkan ia seperti bantal untuk kenyamanan berkendara,” tutur Rudi Ganefia Workshop Head Auto 2000 Krida di Cilandak, Jakarta Selatan.
dikarenakan, mesin sebagai pengolah tenaga untuk menggerakan mobil mempunyai getaran yang tinggi.
campuran dari bahan bakar dan udara dapat diledakkan di dalam ruang bakar.
dimana ledakkan tersebut akan memutar kruk as yang berbentuk bandul, sehingga terjadilah getaran.
Apabila getaran terhantar ke rangka kendaraan, tentu kenyamanan di ruangan kabin akan berkurang, papar Rudi.
biasanya engine mounting konvensional mempunyai konstruksi berupa pelat baja, dengan satu sisi menjadi pengait dengan sasis,” imbuhnya.
Rudi menambahkan, satu sisinya berbentuk tabung dengan karet berlubang di bagian tengah yang mengait dengan mesin.
“Ada juga engine mounting, yang telah menggunakan tabung hidraulis sebagai peredamnya,” ucap Rudi.
Sumber : TribunNews.com