Jakarta - saat berada di pusat perbelajaan, seringkali kita menemui area parkir yang sedang penuh. untuk menyiasatinya, biasanya petugas parkir akan meminta pemilik mobil untuk parkir paralel.
Dalam posisi parkir paralel, posisi mobil tentu akan menghalangi mobil lain. supaya mobil tetap bisa didorong, biasanya petugas parkir dapat meminta agar pemilik mobil yang parkir paralel untuk tidak menggunakan rem parkir.
Namun cara ini hanya berlaku untuk mobil bertransmisi manual. tidak demikian dengan mobil matik. karena meski rem parkir tidak dipakai, mobil matik tetap tidak bisa didorong selama tuas transmisi berada di posisi P yang memang diperuntukan untuk parkir. sebaliknya bila tetap memasang tuas di posisi N atau netral, kunci mobil tidak dapat dicabut.
agar tidak menyulitkan petugas parkir, pengguna mobil matik hendaknya mengetahui kegunaan fitur shift lock. Tombol shift lock biasanya ada di dekat tuas transmisi.
Service Manager bengkel Auto2000 GDC Depok Deni Andrian menyarankan pengguna mobil matik untuk menekan shift lock saat sedang parkir paralel. Shift lock diminta ditekan setelah mencabut kunci. Tujuannya agar mobil tetap dapat didorong petugas parkir saat tengah ditinggal.
apabila shift locknya dipencet mobil bisa ke posisi netral. Tapi kalau tidak dipencet dapat tetap terus di P. jadi susah untuk didorong," kata Deni waktu ditemui KompasOtomotif, Rabu (3/1/2018).
Sumber : Kompasotomotif