Cara mencegah sopir angkutan ugal-ugalan di Jalan

- Carimobil.id

Jakarta, - Untuk kesekian kalinya, kecelakaan maut akibat perilaku mengemudi ugal-ugalan sopir angkutan terjadi di Jakarta. peristiwa terakhir melibatkan satu unit metromini yang terjadi di Velbak, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2017).

Direktur Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia, Yoga Adiwinarto menilai, berulangnya masalah seperti ini ditengarai akibat masih diberlakukannya sistem setoran. sistem inilah yang dianggap membuat sesama sopir terpaksa mesti berebut penumpang. Imbasnya tentu ke perilaku mengemudi yang tidak aman.

Yoga menyatakan sudah saatnya pemerintah provinsi DKI Jakarta mereformasi total sistem angkutan umum di Ibu Kota. Ada beberapa cara yang dinilainya perlu dilakukan, yang pertama merupakan integrasi pembayaran. cara ini dianggap paling memungkinkan untuk dilakukan karena Pemprov DKI di bawah rezim yang baru punya program transportasi yang belum lama ini dikenalkan ke publik, adalah One karcis One Trip atau OK-OTRIP.

Dalam sistem ini, seluruh angkutan di Jakarta akan diintegrasikan ke dalam satu pembayaran. pengusaha akan menerima subsidi dari pemerintah, sehingga sopir dapat menerima gaji.

menurut Yoga, pengusaha angkutan yang menerima subsidi wajib memenuhi standar angkutan yang aman dan nyaman. jika trick ini sudah dilakukan, maka Pemprov DKI mesti mengakuisisi trayek. sehingga trayek ditentukan berdasarkan kebutuhan warga dan diatur langsung oleh pemerintah. Bukan membiarkan pengusaha menentukan sendiri trayeknya.

"Upgrade armada yang lebih modern dan aman, kontrak pengemudi dan pengusaha yang lebih ketat. Bukan lagi model izin trayek seperti sekarang ini, kata Yoga kepada KompasOtomotif, Selasa (26/12/2017).

menurut Yoga, cara peremajaan angkutan seperti yang telah diterapkan dalam integrasi kopaja AC dengan transjakarta sudah baik. akan tetapi, Yoga mempunyai anggapan peremajaan ini tidak diimbangi dengan ketegasan untuk mengharuskan kopaja lama untuk berhenti beroperasi. sebab dalam kenyataannya masih banyak kopaja tidak layak jalan yang masih beroperasi. untuk itu Yoga menilai ke depannya Pemprov DKI mesti menerapkan peraturan yang tegas.

bila pada diwaktu ini, reward dan punishment untuk operator angkutan umum non transjakarta secara praktis tidak ada," papar Yoga.

Sumber : Kompasotomotif


Daftar Kota Sales
NGAWI SIMALUNGUN MAYBRAT MAROS BENGKULU SELATAN MAMBERAMO TENGAH Hulu Sungai Selatan BANYUASIN REMBANG PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR SORONG SELATAN KEPULAUAN SANGIHE PALOPO SIGI BOGOR KEP. SIAU TAGULANDANG BIARO MALANG BELITUNG TIMUR OGAN KOMERING ULU SELATAN INDRAGIRI HULU KUTAI KARTANEGARA LAMPUNG SELATAN MAJENE TAPIN PAKPAK BHARAT PONTIANAK PARIGI MOUTONG HALMAHERA SELATAN BARITO UTARA LUWU TIMUR
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN