Ganti Oli Lebih Cepat Atau Sesuai Patokan Dari Pabrikan, Lebih Baik Mana ?

- Carimobil.id

JAKARTA - Pabrikan mobil sudah membuat waktu penggantian oli mesin. Ada yang menetapkan penggantian oli mesin setiap 5.000 km, 7.500 km, dan 10.000 km.

Interval penggantian oli ini dapat dilihat di buku petunjuk pemilik atau buku servis resmi. Namun, ada juga pemilik mobil yang melakukan penggantian olilebih cepat dari jarak tempuh di atas.

jadi kalau penggantian yang ditetapkan APM itu 10.000 km, maka ia melakukannya di 7.500 km atau bahkan 5.000 km.

Alasan penggantian oli lebih cepat yang sering disampaikan adalah kemacetan.

"Kemacetan ini sering membuat orang melakukan penggantian olisebelum sampai batas kilometer yang menjadi patokan, tutur Bambang Sulistiyanto, Service Head Toyota Auto2000 Tebet, Jakarta Selatan.

macet di jalan benar-benar membuat kerja mesin lebih berat lantaran tidak ada pendingin udara bantuan dari udara jadi hanya dari oli," lanjut Bambang.

otomatis pada saat macet kerja oli pun jadi lebih berat. Soalnya, oli menerima panas berlebih yang dihasilkan oleh mesin ketika terjebak kemacetan.

Nah, panas berlebih ini diyakini mampu menyebabkan penguapan olimesin dan mempercepat penurunan kualitas oli mesin.

walau begitu, anda yang melakukan penggantian oli sesuai degan patokan kilometer atau batas waktu yang ditetapkan APM juga tidak perlu gusar.

Pasalnya, rekomendasi penggantian oli dari APM ini tentu sudah melalui riset dan memperhitungkan banyak faktor.

"Oli wajib diganti sesuai patokan km atau batas ketika yang sudah ditetapkan, jangan sampai terlewat atau tidak diganti, tutup Bambang.

Sumber : TribunNews.com


Daftar Kota Sales
SOPPENG JEMBRANA SERUYAN TANGERANG GIANYAR BIMA JOMBANG PASER REJANG LEBONG JAYAWIJAYA KOTAMOBAGU TANJUNG BALAI HULU SUNGAI UTARA GORONTALO UTARA BOMBANA TEBING TINGGI NIAS SELATAN SUMENEP SIMALUNGUN BANGLI LOMBOK TENGAH KEPULAUAN YAPEN SALATIGA PEMATANGSIANTAR BONTANG GROBOGAN YALIMO PANGANDARAN BOLAANG MONGONDOW TIMUR TULUNGAGUNG
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN