Berapa Jarak Aman Antara Mobil Saat Mengemudi

- Carimobil.id

Tulisan di spanduk untuk menjaga jarak aman tentunya sering kita lihat di jalanan umum yang dilintasi berbagai kendaraan. imbauan itu dilakukan guna keselamatan semua pengguna jalan.

Jarak aman pun tidak sembarangan ada jaraknya untuk masing-masing kecepatan kendaraan. Seperti yang tertera pada akun instagram Kementerian perhubungan Kemenhub151.

Jarak antar kendaraan menjadi salah satu aspek yang harus diwaspadai tiap pengemudi. terutama saat keadaan jalan licin akibat hujan atau sewaktu kondisi lalu lintas lagi padat. benturan mendadak antar kendaraan sangat mungkin terjadi sebab jarak yang terlalu dekat. begitu pun saat menjumpai jalur menanjak. menjaga jarak antara satu kendaraan dengan yang lain adalah langkah bijak demikeselamatan perjalanan," begitu bunyi imbauan yang ada di akun instagram Kemenhub151.

Jarak antar kendaraan juga ada dua yaitu jarak minimal dan jarak aman. jarak minimal ialah jarang yang paling dekat yang tidak bisa dilewati antara mobil belakang dengan depannya. jenis jarak ini belum tentu aman, dan pengemudi mesti berhati-hati jikalau terjadi pengereman mendadak dari kendaraan di depannya.

Sedangkan jarak aman merupakan jarak yang paling disarankan. terutama, waktu melaju di jalanan basah. Pengereman di jalan basah perlu waktu lebih lama di bandingkan pada jalan yang kering.

Sedangkan pada kecepatan kendaraan 30 km/jam jarak minimal yang disarankan ialah 15 meter sementara jarak aman 30 meter. kecepatan 40 km/jam pengendara mesti menjaga jarak minimal 20 meter dan jarakaman 40 meter. kecepatan 50 km/jam sebaiknnya kendaraan dijaga di jarak 25 meter juga jarak aman 50 meter.
semakin cepat kendaraan maka jarak minimalnya pun semakin tinggi, di kecepatan 60 km/jam jarak minimalnya 40 meter dan jarak amannya 60 meter, bila menempuh kecepatan 70 km/jam, mobil dijaga pada jarak minimal 50 meter dan jarak amannya 70 meter.

Saat mobil melaju dengan kecepatan 80 km/jam, jarak minimal yang disarankan yakni 60 meter dan jarak aman 80 meter. kecepatan 90 km/jam jarak minimal dapat dijaga pada 70 meter sementara jarakaman 90 meter. Terakhir, jikalau mobil melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi yaitu 80 meter maka jarak amannya 100 meter



Berita sebelumnya
2 Tips Merawat Mobil Diesel

Daftar Kota Sales
MADURA DOMPU AMBON BENGKULU SELATAN SUMBAWA BARAT LAMPUNG BARAT TAKALAR INDRAGIRI HULU PURWOREJO ALOR LAMPUNG UTARA BENGKALIS BONDOWOSO KEPULAUAN SULA BUOL TEBO LEBAK HULU SUNGAI UTARA KAPUAS SUNGAI PENUH DEMAK MAROS BOALEMO ACEH SINGKIL KONAWE KEPULAUAN DONGGALA KOTAWARINGIN TIMUR KEPULAUAN SELAYAR PADANGSIDEMPUAN KOTAWARINGIN BARAT
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN