Cek secara berkala keadaan baut roda mobil, sebab bisa saja mur atau baut roda jadi sulit dibuka akibat karat karena sebelumnya luput dari perhatian.
Sudahkah anda memerhatikan keadaan mobil anda hari ini, sebelum dan setelah menggunakannya? bila jawabnya belum, tidak ada salah untuk sempatkan waktu sejenak melihat keadaan ban dan baut roda (velg) mobil kesayangan. ternyata tidak hanya ban mobil saja yang perlu diperhatikan secara teratur, namun juga baut roda yang menjadi penyambung antara ban dengan pelek.
sebab menjaga ataupun merawat berkala komponen tersebut ialah upaya untuk membuatnya tetap awet, jangan pernah remehkan fungsi mur ataupun baut roda, karena ia berkaitan erat dengan aspek keselamatan berkendara," papar Yanto, mekanik kaki-kaki dari bengkel Auto Per di bilangan Radio Dalam, Jaksel.
misalnya, ada kejadian apes, ketika berkendara mendadak ban mobil anda kempis atau bocor, bisa saja mur atau baut roda jadi sulit dibuka akibat karat karena sebelumnya luput dari perhatian. Sementara itu, merujuk buku pedoman pemilik kendaraan, sudah termuat dan disarankan oleh pabrikan untuk melakukan rotasi ban setiap 10.000 km.
Tentu saja ini bermanfaat untuk mencegah keausan ban yang tidak rata akibat pemakaian. Di samping itu, sebenarnya anda bisa melakukan perawatan sekaligus terhadap mur dan baut roda.
ketika roda dibongkar, ada baiknya anda menyemprotkan cairan penetran pada mur dan juga baut roda. Atau bila baut sudah berkarat, bisa dioles dengan gemmo’ secukupnya.
Sumber : mobilwow.com