Supaya mengerti fungsi dan kelebihannya, system penggerak mobil juga harus dipahami. Pasalnya, system penggerak bertugas sebagai penerus tenaga mesin ke roda. Roda penggerak mempunyai andil dalam menentukan karakter suatu mobil.
Umumnya mobil penumpang berpenggerak dua roda (two wheel drive, 2WD) dan empat roda (four wheel drive, 4WD).
Mobil penggerak dua roda maksudnya tenaga penggeraknya hanya ada pada dua roda saja, antara roda depan atau roda belakang.
Mobil dengan penggerak dua roda yang memanfaatkan roda depan sebagai penggeraknya disebut front wheel drive (FWD). Contoh mobil FWD ialah Honda Brio, Toyota Vios, Suzuki Swift, dan Mitsubishi Mirage.
Nah, mobil dengan penggerak dua roda yang memakai roda belakang sebagai penggeraknya disebut rear wheel drive (RWD). Contoh mobil RWD yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Terios, dan Wuling Confero S.
Nah, kalau 4WD keempat roda mobil bisa bergerak.
System 4WD sendiri dibagi menjadi, Part Time 4WD, Full time 4WD, dan All Wheel Drive (AWD). Part Time 4WD artinya system 4WD dapat diaktifkan atau dinon-aktifkan sesuai dengan kebutuhan.
Pada mobil dengan system ini, daya mesin akan dibagi rata 50% ke ban depan dan 50% ke ban belakang, jadi keempat roda mempunyai kekuatan yang besar, terang Usman Adie alias Gembleh, seorang pengamat otomotif.
kalau Full Time 4WD tidak miliki mode 2WD, hanya 4H (High Range) atau 4L (Low Range) atau Differential Lock.
kalau AWD, saat mobil berjalan semua roda mobil selalu bergerak dan tidak bisa diubah menjadi 2WD atau 4H dan 4L.
Distribusi tenaga diatur center differential dan komputer tergantung kondisi yang dihadapi.
Sumber : jip.gridoto.com