Mesin Mobil Sudah Tua, Perhatikan Cara Ringan Menjaganya

- Carimobil.id

JAKARTA – Memiliki mobil tua tentu perlu perawatan ekstra. Selain memelihara bagian bodi, sektor mesin juga perlu diperhatikan, agar mobil tidak sekedar tampil kinclong tapi juga tetap prima ketika dikendarai.

Menurut Jonatan, salah satu member Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), bahwa merawat mobil tua, gampang-gampang susah, terutama pada bagian mesin.

“Kalau merawat mesin sih tergantung pemakaiannya bagaimana, karena ada yang gaya pakainya main gas-gas aja, padahal sebenarnya mobil tidak untuk balapan, tapi malah dipakai melebihi kemampuan mobil,ini yang membuat mesin mobil sering jebol,” buka Jonatan, beberapa waktu lalu di JIExpo Kemayoran.

Jonatan menyarankan, untuk mobil tua yang perlu diperhatikan adalah penggantian oli mesin dan juga pengecekan air radiator.

“Yang harus diperhatikan itu oli mesin, air radiator, kalau olinya agak terlalu encer dia gak bisa naik sampai ke cover kelep, jadi akibatnya bisa baret di bagian noken AS,” jelasnya.

Untuk penggunaan oli mesin, Jonatan menganjurkan memakai oli yang memiliki SAE 20-50 jika mobil tidak sering digunakan, tapi jika mobil digunakan setiap hari Ia menyarankan memakai oli SAE 15-40.

“Kalau oli khusus tidak ada, tapi kalau untuk mobil tua, pakai SAE 20-50 karena lubang piston head masih agak besar, kalau pakai yang enceran tidak bakal naik. Tapi kalau mobilnya digunakan setiap hari dianjurkan pakai oli yang SAEnya 15-40 tapi agak dipenuhin sedikit, karena dia kan agak encer supaya bisa naik sampai ke bagian kelepnya,” saran Jonatan. [dp/Ric]

Sumber : dapurpacu.com


Daftar Kota Sales
SIBOLGA BADUNG MANGGARAI BALANGAN PIDIE JAYA KONAWE PADANG PANJANG BARITO KUALA SUMBA TENGAH KATINGAN BANGLI BELITUNG TIMUR PARIAMAN SIGI BENGKULU TEBING TINGGI TOLITOLI GORONTALO TAMBRAUW BERAU WAKATOBI LOMBOK UTARA PACITAN PADANGSIDEMPUAN INDRAGIRI HILIR BEKASI JAKARTA UTARA KETAPANG PONOROGO BIREUEN
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN