Mitos atau Fakta ?, Isi Bensin Pagi Hari Bisa Bikin Hemat Pengeluaran

- Carimobil.id

Jakarta -  Pernahkah Otolovers mendengar mitos soal isi bensin di pagi hari lebih baik karena dapat membuat kita lebih hemat pengeluaran? Alasanya, suhu dipagi hari dinilai masih dingin sehingga dianggap bagus bagi seseorang yang mau mengisi bensin. karena menurut mitos tersebut bensin tidak akan memuai.

Dalam kata lain bensin akan lebih padat ketika cuaca dingin di pagi hari sehingga tidak perlu mengisi sebanyak di siang hari.

Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Bensin memang dapat memuai lantaran pengaruh temperatur. pada saat suhu naik dari 15 derajat Celcius ke 23 derajat Celcius misalnya, volumenya naik sekitar 1 %, namun isi kandungannya tetap sama saja.

tetapi, SPBU biasanya menyimpan BBM di dalam tangki bawah tanah dengan suhu bervariasi dimana saat siang hari suhunya lebih rendah dibanding permukaan. Ini menyebabkan temperatur BBM yang keluar dari selang juga berubah.

"Perubahannya sangat kecil, bahkan hampir tidak ada," ungkap mantan ketua asosiasi Pemasaran BBM Amerika Craig Eerkes dikutip Consumer Reports.

Consumer Reports sendiri melakukan pengujian guna membuktikan soal mitos tersebut. Pengisian BBM dilakukan pada pagi hari pukul 08.30 dan siang hari antara 12.30 dan 13.00.

hasilnya tidak terlihat perbedaan yang cukup jauh baik itu mengisi di pagi hari maupun siang hari. suhu yang berbeda hingga 15 derajat saja cuma meningkatkan satu % volume BBM atau kalau diuangkan jumlahnya mungkin tidak sampai puluhan ribu.

Ini karena tangki di bawah sudah diatur sedemikian rupa untuk menjaga temperatur BBM. mungkin cuma beberapa liter pertama yang mengalir ke tangki mobil saja mempunyai temperatur lebih tinggi sehingga bensin sedikit memuai, sisanya akan memiliki suhu yang sama dengan di tangki penyimpanan.

jadi ingin mengisi BBM kapan saja, tidak akan berpengaruh besar terhadap pengeluaran Otolovers.

Sumber : oto.detik.com


Daftar Kota Sales
PADANG LAWAS UTARA NGADA KONAWE GIANYAR BONDOWOSO ACEH BESAR KOLAKA TIMUR BELU PONTIANAK SIKKA BATAM PRINGSEWU KATINGAN PESISIR BARAT PELALAWAN BENGKALIS SAMBAS PULANG PISAU POLEWALI MANDAR KENDARI BUTON TENGAH KUNINGAN MUNA TIMOR TENGAH UTARA MIMIKA SIBOLGA TANAH DATAR LAMANDAU PURBALINGGA KAIMANA
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN