Saat Melalui Jalanan Licin, Ini Trik Ngerem Yang Benar Ya Otolovers

- Carimobil.id

Teknik pengereman berbeda-beda tergantung kondisi yang dihadapi. Salah satu teknik yang wajib dikuasai ialah pengereman di jalan licin.

Situasi ini biasanya terjadi saat hujan atau permukaan jalan yang penuh pasir atau tanah. Di keadaan itu grip ban jauh berkurang dan yang perlu dilakukan adalah segera mengurangi laju kendaraan.

Dengan laju lebih rendah, proses deselerasi lebih ringan. Namun, jika di tengah situasi ini anda masih harus mengurangi laju bahkan berhenti total, maka triknya mirip dengan mengerem di turunan yaitu juga memanfaatkan engine brake atau pengereman mesin.

Untuk melakukan engine brake bila transmisinya manual, maka turunkan posisi gigi secara berurutan. Sementara jika transmisi otomatis umum atau CVT, tempatkan tuas perseneling di posisi overdrive off atau sport yang tujuannya masuk ke rasio gigi lebih rendah.

Bila tidak dibekali dua fitur di atas, turunkan saja gigi secara bertahap sambil menginjak pedal rem. Pidahkan tuas dari posisi D ke 3, 2, dan bahkan 1 atau L.

dengan rasio gigi atau rasio belt pada transmisi CVT yang lebih rendah, maka putaran mesin akan meninggi sebagai reaksi atas tertahannya kecepatan oleh mesin.

Kemudian pedal rem diinjak secara halus sambil memutar kemudi untuk menghindari obyek di depan.

Sumber : otomania.gridoto.com


Daftar Kota Sales
KARAWANG BANDUNG BARAT PESISIR BARAT AMBON BIREUEN MALANG KATINGAN BUTON UTARA HUMBANG HASUNDUTAN PALANGKARAYA SUMBA TIMUR METRO YOGYAKARTA TALIABU KUPANG SUMEDANG PINRANG MANOKWARI TAPIN MUKOMUKO SUMBA BARAT DAYA SIKKA TELUK WONDAMA KARO INDRAGIRI HILIR BENGKULU BELITUNG NAGEKEO ROKAN HILIR KUDUS
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN