Musim Hujan, jangan Melulu gunakan fitur Anti-Embun

- Carimobil.id

Jakarta, - Setiap mobil yang dipasarkan ke negara tropis yang kerap hujan dan cuaca dingin, biasanya dilengkapi dengan fitur standar anti-kabut alias deffoger pada kaca belakang. Fungsinya, melindungi visibilitas pengemudi dari apa yang terjadi di belakang kendaraan.

wujudnya, seperti garis-garis tipis melintang horizontal dari kedua sisi kaca, dari atas hingga ke bawah. Garis ini sebenarnya kawat tipis, berfungsi sebagai kondensator panas, sehingga suhu kaca terjaga dan embun tidak terbentuk akibat perbedaan suhu antara dalam kabin dan di luar.

Defogger berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca bagian belakang mobil. cara menggunakannya cukup dengan menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang ada di dashboard.

Keberadaan defogger dinilai bermanfaat di musim hujan seperti saat ini. Namun perlu diingat bahwa defogger tidak disarankan dimanfaatkan secara terus menerus. untuk mobil yang belum di lengkapi arus pemutus otomatis, pengemudi mesti menekan lagi tombol untuk mematikan fungsi defogger.

Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengemukakan pemakaian defogger secara terus menerus mampu membuat kaca mobil retak, yang dipicu kaca memuai akibat perubahan suhu yang ditimbulkan garis-garis kawat. Didi mengibaratkan seperti gelas kaca dingin yang tiba-tiba diisi air panas.

"Kaca sifatnya tidak elastis. lantaran ketika terjadi perubahan suhu yang ekstrem, mudah untuk retak, kata Didi kepada Kompas.com, Senin (5/2/2018).

selain itu, kata Didi, defogger masuk dalam daftar komponen pemakan arus listrik yang cukup besar di mobil. Penggunaannya akan membuat aki harus menyuplai tenaga ekstra. sebab itu Didi mengingatkan pengemudi untuk bijak memanfaatkan defogger.

pemakaian yang tidak terkontrol dapat menyebabkan aki mobil cepat lemah, ujar Didi.

Sumber : otomotif.kompas.com



Berita selanjutnya
IML, cairan Anti Ban Bocor

Daftar Kota Sales
HALMAHERA TIMUR KULON PROGO JAYAPURA MANOKWARI SELATAN BOLAANG MONGONDOW GROBOGAN SIBOLGA KLATEN BUNGO BENGKAYANG TOJO UNA UNA CIMAHI ACEH TIMUR PALEMBANG HULU SUNGAI TANGERANG SELATAN MELAWI MAHAKAM ULU OGAN ILIR LAHAT PASURUAN SERAM BAGIAN BARAT SINJAI BOJONEGORO PADANGSIDEMPUAN CIREBON SINGKAWANG MAMBERAMO RAYA BONTANG BERAU
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN