JAKARTA – Pada mobil matik, tidak jarang kunci nyangkut dan tidak bisa dicabut dari lubang kontak. bagaimana mengatasinya? simak terus tips otomotif berikut ini.
berbeda dari mobil manual, untuk mobil matik kunci baru dapat dicabut kalau persneling digeser ke posisi parkir (P) dan kondisi mesin mati. tetapi dalam beberapa kasus, meski hal itu telah dilakukan, tetap saja kunci tidak mau dikeluarkan dari lubangnya.
menurut Fahmi, pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor di Jakarta, hal tersebut terjadi lantaran komponen sensor kunci yang tertanam di bawah persneling rusak. biasanya kerusakan terjadi karena pengemudi kasar dalam mengoperasikan tuas persneling.
ia menjelaskan kerusakan tersebut tidak bisa diperbaiki. jadi hal yang dapat dilakukan ialah membongkar komponen tersebut dan menggangtinya dengan yang baru. akan tetapi harga komponen tersebut tidak bisa dibilang murah.
Untuk Honda Jazz 2005 transmisi matik saya cek ke toko spareparts harganya sekitar Rp3,5 juta hingga Rp4 juta,” ungkap Fahmi sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Metrotvnews, Kamis (12/11/2015).
Nah, ketimbang mesti mengeluarkan ongkos servis yang tinggi di kemudian hari, lebih baik mulai sekarang anda menyempurnakan cara mengoperasikan persneling mobil matik.
menurut laman Rifat Drive Labs (RDL), sebelum mencabut kunci, jangan langsung pindahkan persneling dari posisi drive (D) ke P. sebab saat persneling berada pada posisi D, transmisi dan mesin masih saling terhubung.
jika langsung dipindahkan ke posisi P, maka transmisi langsung terkunci. hal itulah yang membuat sensor kunci cepat rusak.
urutan yang sesuai adalah injak pedal rem, setelah itu geser tuas persneling dari posisi D ke posisi netral (N). selanjutnya, tarik tuas rem tangan baru kemudian geser tuas dari posisi N ke P.
Sumber : solopos.com