Pada mobil, radiator berperan utama dalam memelihara suhu mesin agar tidak overheat atau panas berlebih. untuk itu radiator perlu dirawat dengan cara teratur. Caranya tidak susah dan dapat disimak pada tips otomotif berikut ini.
untuk diketahui, radiator mobil bekerja mengandalkan air atau cairan pendingin (coolant), pelumas, dan udara. karena itu ketika melakukan perawatan, perhatikan komponen yang berhubungan dengantigal hal tersebut.
Berikut ini adalah bagian-bagian radiator mobil yang mesti dirawat dengan baik sebagaimana dikutip Solopos.com dari page Daihatsu.co.id, Jumat (26/8/2016):
bagian luar radiator berupa kisi-kisi bertugas sebagai jalur keluar masuk udara. apabila kisi-kisi kotor, arus angin bisa terhambat dan pendinginan mesin tidak maksimal. untuk membersihkannya cukupmenggunakan kuas halus dan menekannya ringan.
penyakit yang mengintai bagian dalam radiator umumnya ialah karat, terlebih pada mobil berumur. Karat yang menggumpal bisa menghambat bahkan melumpuhkan pendinginan. untuk itu kuras air radiator minimal setahun sekali supaya tidak berkarat.
komponen yang menjadi penghubung utama antara mesin dan radiator itu daya tahannya akan terus menurun sebab selalu terpapar tekanan air dan suhu tinggi. bila terdeteksi ada kebocoran, sebaiknya langsung ganti sebelum menjadi lebih parah.
Ukurannya yang kecil membuat tutup radiator sering disepelekan. Pahadal perannya sangat besar, jikalau pegas dan karet penyekat tutup rusak maka temperatur mesin mobil bisa langsung. untuk itu pastikan pegas dan karet berfungsi dengan baik.
Komponen terakhir yang wajib dirawat yaitu pompa oli. Seperti kisi-kisi radiator, pompa oli jika tersumbat juga berdampak pada meningkatnya suhu mesin secara drastis dan dapat menyebabkan mobil mati tiba-tiba.