Reaksi yang benar saat Ban Mengambang di Atas Air atau Aquaplaning

- Carimobil.id

Di musim penghujan seperti ini, genangan air di jalan lumrah terjadi. Namun jangan remehkan genangan air ini. sebab hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yang mampu membahayakan banyak orang.

Maka dari itu diimbau untuk memperlambat laju kendaraan dan berhati-hati supaya tidak terjadi aquaplanning, alias ban mengambang di atas air, tidak mendapat traksi.

Gerry Rosanto, instruktur Senior Rifat Drive Labs menjelaskan bahwa aquaplaning adalah keadaan saat kondisi ban seolah mengambang.

“Mengambang karena air yang berada di alur permukaan ban terlalu banyak dan tidak dapat dibuang secara sempurna, kata Gerry.

Maka ban pun akan kehilangan traksi. lalu bagaimana cara agar kendaraan tidak mengalami aquaplaning?

“Usahakan posisi kemudi tetap lurus saat dalam pengereman, apabila posisi kemudi lurus mobil itu akan tetap lurus saat kehilangan traksi,” papar Gerry.

selain posisi kemudi tetap lurus, usahakan jangan meng-counter setir secara tiba-tiba. karena, jika sudah understeer, apalagi kalau mobil tanpa ABS, maka akan sulit berhenti dan efeknya mobil bisa tergelincir.

Sumber : otomania.com


Daftar Kota Sales
KARANGANYAR PANGANDARAN MANDAILING NATAL POHUWATO TANJUNG JABUNG BARAT PADANG KAPUAS HULU BOLAANG MONGONDOW MAHAKAM ULU BERAU JAYAPURA TOMOHON DENPASAR KONAWE UTARA JAKARTA SELATAN BUOL JEMBER SERAM BAGIAN BARAT SUMBA TIMUR FLORES TIMUR YALIMO BENGKULU LAMANDAU PASAMAN BARAT PANGKALPINANG BANJARBARU LABUHANBATU UTARA BANGLI TANAH LAUT Singaraja
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN