Layar Sentuh di Mobil Tingkatkan Risiko Kecelakaan

- Carimobil.id

LONDON – hampir semua mobil keluaran terbaru telah di lengkapi layar sentuh (touchscreen) pada dashboard. meski terkesan modern dan sanggup memanjakan penumpang, rupanya perangkat itu justru dapat menjadi sumber malapetaka.

Gary Rae dari organisasi pemerhati keselamatan berkendara, Brake menyebutkan 90 % kecelakaan terjadi karena perhatian pengemudi teralihkan. Angka tersebut diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan perusahaan asuransi dan otoritas transportasi Inggris.

menurutnya touchscreen menjadi salah satu faktor yang membuat perhatian pengemudi teralihkan. bahkan perangkat itu bisa dihubungkan ke smartphone dan Internet yang artinya selain untuk mengakses peta digital global positioning system (GPS) juga bisa untuk berselancar di facebook, Twitter, maupun sosial media lainnya.

Sudah jelas bahwa menghubungkan aplikasi di smartphone ke touchscreen pada mobil sanggup mengalihkan perhatian pengemudi hingga berpotensi menyebabkan kecelakaan. Pabrikan maupun pihak terkait seharusnya melakukan pembatasan pada perangkat ini,” ungkap Gary seperti dikutip Solopos.com dari Dailymail, Jumat (23/9/2016).

sejalan dengan pandangan Gary, Institute of Advanced Motorists (IAM) juga mengatakan harus ada strategi baru yang diterapkan untuk mengatasi masalah yang dapat timbul dari fitur touchscreen pada mobil.

hasil penelitian IAM menyebutkan ketika pandangan pengemudi teralihkan selama 2,5 detik saja, mobil dapat melaju sejauh 27 meter. pada jarak tersebut banyak hal yang bisa terjadi, seperti kendaraan di depan mengerem mendadak atau ada pejalan kaki yang menyeberang.

walau begitu pabrikan otomotif mengklaim bahwa layar yang dipasang pada dashboard mobil sudah didesain khusus dengan mempertimbangkan sisi keselamatan. fitur yang ditampilkan pada menu fungsi dapat diaktifkan maupun dimatikan tanpa perlu waktu lama.

selain itu beberapa fitur juga tidak harus diakses melalui touchscreen lantaran bisa diaktifkan lewat tombol switch control pada kemudi maupun melalui perintah suara (voice command).

Sementara juru bicara Kementerian perhubungan Inggris mengatakan negaranya mamiliki jalanan paling aman di dunia. walau demikian beliau mengembalikan urusan keselamatan seluruhnya pada pengemudi supaya bertanggung jawab atas apa yang dilakukan selama berkendara.

Sumber : Solopos.com


Daftar Kota Sales
KONAWE UTARA MEMPAWAH BONDOWOSO LUMAJANG KATINGAN TIMOR TENGAH SELATAN TASIKMALAYA LAMPUNG UTARA BEKASI BANTAENG PIDIE JAYA TANGGAMUS Kota Tidak Ditemukan ENDE KEPAHIANG BARITO UTARA BITUNG SIMALUNGUN BOYOLALI BANGKA PADANG TAKALAR PUNCAK JAYA KULON PROGO ACEH TAMIANG TEBO PALANGKARAYA BUTON TENGAH PRINGSEWU ACEH BARAT
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN