Begini Cara Mengatasi Rem Tromol Belakang Kurang Befungsi

- Carimobil.id

Pernahkah menginjak tuas rem tromol belakang tetapi terasa kurang pakem dan sepeda motor tak lekas berhenti? jika iya, berarti ada masalah pada komponen tersebut. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Menurut Efendi dari bengkel Aris Motor Jakarta, hal yang umum dijumpai pada rem tromol kurang pakem ialah kampas yang sudah habis. Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah tersebut yaitumemasang kampas rem baru.

Tetapi pada beberapa model sepeda motor ada yang rem tromol belakangnya tetap kurang pakem meskipun kampas sudah diganti baru, salah satunya Honda Karisma 125. Itu karena panel rem alias paha rem bawaan Karisma mempunyai batang kurang panjang.

“Batang paha rem Karisma itu pendek jadinya kalau untuk ngerem butuh waktulebih lama. Ibaratnya itu kan tuas pengungkit kampas, bisa pakem kalau lebih panjang,” terang Efendi sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Jumat (10/6/2016).

Untuk menyiasatinya, lanjut Efendi, bisa dengan memasang paha rem milik Yamaha RX King. selain ukurannya lebih panjang, dudukannya juga sama persis dengan bawaan Karisma sehingga prosespemasangan lebih mudah.

Supaya lebih pakem gunakan paha rem RX King, itu ukurannya kan panjang. Harganya juga murah antara Rp15.000 hingga Rp25.000 dan masih banyak dijual, imbuh Efendi.

Menurutnya cara tersebut jauh lebih murah ketimbang memodifikasi rem tromol belakang menjadi model rem cakram. tetapi beliau mewanti-wanti agar tidak menggunakan paha rem terlampau panjang seperti milik Yamaha Byson.

Alasannya karena ban belakang sepeda motor justru bisa terkunci walaupun tuas rem belakang hanya diinjak sedikit. hal tersebut tentunya berbahaya bagi diri sendiri ataupun pengendara lain di jalan raya.

Gunakan punya RX King masih ada jarak mainnya. kalau kepanjangan seperti Byson sedikit banget jaraknya, mungkin bisa mentok,” tutup Efendi


Daftar Kota Sales
MALUKU TENGAH BURU SELATAN BANGKA BARAT PURBALINGGA BOLAANG MONGONDOW UTARA PARE NIAS KONAWE SELATAN INTAN JAYA SERAM BAGIAN TIMUR WAJO SINGKAWANG TULANG BAWANG MAJALENGKA KUBU RAYA PASAMAN LAMONGAN PRINGSEWU TANAH DATAR PEKALONGAN CIMAHI MALAKA YAHUKIMO MAPPI GIANYAR Minahasa Selatan BANGKA MADURA DAIRI SOPPENG
© 2017-2020 CARIMOBIL.ID | All Rights Reserved
DAFTAR JADI MEMBER - BLOG - TENTANG KAMI - SYARAT DAN KETENTUAN